Cari Blog Ini

Kamis, 17 Desember 2015

Bayi Pinokio, Lahir dengan Otak di Hidungnya

Bayi Pinokio, Lahir dengan Otak di Hidungnya
OLLIE Trezise, dari Maesteg, Wales, lahir dengan kondisi yang sebabkan otaknya tumbuh melalui retakan di tempurung kepalanya hingga masuk ke hidungnya. Dengan hidungnya yang membesar, sang ibu pun menjulukinya sebagai Pinokio.
“Ketika baru dilahirkan dan mereka mengantarkan Ollie kepada saya, saya nyaris tidak bisa berkata-kata. Dia terlahir sangat kecil dan memiliki benjolan seukuran bola golf di hidungnya,” tutur Poole, yang melahirkan Ollie pada Februari 2014.

Bayi berusia 21 bulan tersebut telah menjalani berbagai operasi menyakitkan untuk membantunya bernapas dan menutup celah di tengkoraknya. Jauh sebelum itu, sang ibu pertama kali menemukan keanehan pada janinnya melalui skrining pada usia kandungan 20 minggu.
MRI scan berikutnya mengonfirmasi bahwa benjolan tersebut adalah Ensefalokel. Istilah tersebut merujuk pada kondisi cacat tabung saraf langka di mana tengkorak bayi tidak menutup sepenuhnya sehingga melebar dan menciptakan kantong menonjol.

Sembilan bulan kemudian, hidung Ollie terus bertambah besar bersama dengan perkembangan badannya, hingga seperti Pinokio. Dokter pun mengatakan pada kedua orangtua Ollie bahwa mereka perlu mengoperasi putra mereka untuk membuka saluran napasnya.
“Awalnya, saya takut operasi itu akan merenggut nyawanya. Tapi dokter menjelaskan bahwa ia berisiko infeksi atau bahkan meningitis jika ia tersandung atau hidungnya terbentur. Jadi saya menyetujui operasi tersebut,” katanya, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (16/12/2015).
Pada November 2014, ia menjalani sukses dua jam operasi di Rumah Sakit Anak Birmingham. Operasi ini melibatkan pemotongan tengkoraknya untuk mengempeskan kantung yang berisi kelebihan cairan otak dan memperbaiki kembali hidungnya.
"Setelah operasi, Ollie memiliki bekas luka zig-zag besar di kepalanya. Dia pasti merasakan sakit yang amat sangat, tapi dia mampu terus tersenyum dan tertawa. kepositifannya membuat saya jauh lebih tenang," ujarnya yang sempat diejek oleh beberapa orang karena telah melahirkan anak dengan kondisi yang menyulitkannya.
Sekarang, setelah sepenuhnya pulih, Ollie tumbuh menjadi anak kecil yang ceria yang gemar bermain di kolam renang dan bermain dengan kakak perempuannya, Annabelle, yang berusia empat tahun.

sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2015/12/16/481/1269100/bayi-pinokio-lahir-dengan-otak-di-hidungnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar